Mufidah, Nurul (2018) EFEKTIVITAS METODE MUSYAFAHAH DALAM PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL QURAN DI SMP ISLAM RAUDHATUL FALAH BERMI PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Menghafal merupakan kerja memori dalam otak, disini guru dan orang tua berperan penting untuk melakukan pendampingan karena peserta didik khususnya yang masih tergolong remaja tahap awal mulai pada usia 12-15 tahun belum mengetahui dan memahami dengan baik mengenai strategi menghafal. Hubungan keterkaitan peserta didik atau murid dengan seorang guru menjadi salah satu faktor terpenting dalam proses penghafalan al-quran, karena memerlukan kerja memori dalam otak disini peran orangtua dan guru sangat dibutuhkan karena anak-anak belum tahu strateginya. Pada dasarnya program menghafal melalui beberapa proses, terlebih kalau menggunakan salah satu strategi yang tepat akan sangat membantu dalam proses menghafal tersebut. SMP Raudhatul Falah Bermi Pati merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki upaya untuk membantu memberikan pendampingan kepada peserta didik dalam proses menghafalkan al-Quran dengan salah satu metode yaitu musyafahah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis pendekatan lapangan (field research). Data yang dianalisis adalah dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi secara langsung di SMP Islam Raudhatul Falah Bermi Pati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode musyafahah dalam pembelajaran menghafal al Quran bisa dikatakan efektif. Karena dalam hasilnya sudah mencapai standart yang telah ditentukan, bahkan mencapai 98% dalam mencapai keberhasilan prestasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jawaban tentang permasalahan yang telah dirumuskan. Manfaat penelitian ini adalah sebagai sarana informasi penting bagi kalangan akademis tentang pelaksanaan metode musyafahah dalam pembelajaran menghafal al Quran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:46 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10667 |
Actions (login required)
View Item |