Susantika, Susantika (2018) HUBUNGAN PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SD DI SDN TAMBAK REJO 01 KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (899kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text
9. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (650kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang Prestasi belajar yang baik dapat dicapai tidak lepas dari beberapa faktor. Peran orang tua dalam pendampingan belajar merupakan salah satu faktor penting yang menunjang prestasi belajar anak. Peran orang tua dalam proses belajar anak meliputi menentukan waktu belajar, mengarahkan cara belajar yang baik, dan menyediakan fasilitas belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dalam pendampingan belajar dengan prestasi belajar anak usia sekolah. Metode desain dalam penelitian ini menggunakan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Data yang telah terkumpul diolah secara statistik menggunakan uji somers’d melalui SPSS 16. Hasil berdasarkan penelitian ini peran orang tua baik sebanyak 20 (19,4%), peran orang tua cukup sebanyak 69 (67,0%), peran orang tua kurang sebanyak 14 (13,6%). Hasil belajar siswa sejumlah 1 siswa (1,0%), dalam kategori sangat baik, 77 siswa ( 74,0%) dalam kategori baik, 7 siswa (17,5%) dalam kategori cukup, dan 18 siswa dalam kategori perlu bimbingan. Terdapat hubungan yang bermakna antara peran orang tua dalam pendampingan belajar dengan prestasi belajar di Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan dengan taraf kesalahan (alpha) 5% nilai p-value atau sig. yaitu 0,024 atau p-value < 0,05 dan nilai kolerasi r=0,260. Simpulan terdapat hubungan yang bermakna antara peran orang tua dalam pendampingan belajar dengan prestasi belajar anak usia sekolah. Kata kunci peran orang tua, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 May 2018 01:47 |
Last Modified: | 03 May 2018 01:47 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10650 |
Actions (login required)
View Item |