ANALISIS RASIO VOLUME KAPASITAS (V/C) DENGAN ADANYA PARKIR DI BADAN JALAN DI JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG (Studi Kasus Depan Universitas 17 Agustus (UNTAG) Sampai Kantor Bank BCA)

NAAFI, TAZKIYATUL AZKIYAN and WULANDARI, WULANDARI (2017) ANALISIS RASIO VOLUME KAPASITAS (V/C) DENGAN ADANYA PARKIR DI BADAN JALAN DI JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG (Studi Kasus Depan Universitas 17 Agustus (UNTAG) Sampai Kantor Bank BCA). Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Permasalahan transportasi didaerah perkotaan banyak disebabkan oleh tingginya kebutuhan pergerakan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan jaringan jalan yang ada. Dengan perkembangan yang semakin pesat serta peningkatan pendapatan maka penduduk semakin mudah mempunyai kendaraan sendiri. Peningkatan jumlah kendaraan mengakibatkan kemacetan lalu lintas karena penurunan kapasitas jalan dan peningkatan kebutuhan ruang parkir. Salah satu permasalahan transportasi yang perlu ditangani adalah masalah kemacetan pada ruas-ruas jalan utama di Kota Semarang khususnya di Jalan Pemuda segmen depan Universitas 17 Agustus (UNTAG) sampai Bank BCA. Studi ini menganalisis pengaruh kegiatan parkir kendaraan pada badan jalan serta kegiatan keluar masuk kendaraan. Dalam penelitian ini analisa data meliputi Volume arus lalu lintas (Q), hambatan samping (SF), kapasitas (Capacity/C), derajat kejenuhan (Degree of Saturation/DS), volume parkir, penyimpangan penggunaan jalan yang digunakan untuk parkir serta menganalisis tingkat pelayanan (Level of Service/LOS) pada ruas jalan tersebut. Hasil perhitungan serta analisis pada segmen jalan tersebut pada bulan April tahun 2017 volume arus lalu lintas (Q) = 2108 smp/jam, hambatan samping (SF) = 617 kejadian, kapasitas (C) pada saat ada parkir = 1967 SMP/jam sedangkan kapasitas (C) pada saat tidak ada parkir = 3031,08 SMP/jam, derajat kejenuhan (DS) ada kegiatan parkir = 1,071 yang melebihi nilai yang disyaratkan dalam MKJI 1997 yaitu 0,75 untuk jalan perkotaan dan derajat kejenuhan (DS) pada saat tidak ada parkir = 0,695, volume parkir = 47 kendaraan, penyimpangan penggunaan jalan untuk parkir mencapai 45,45 %, serta tingkat pelayanan (Level Of Service/LOS) dengan nilai Q/C mencapai tingkat pelayanan maksimal yaitu F dengan lebar jalan yang berkurang karena adanya kegiatan parkir, namun apabila lebar jalan digunakan secara maksimal untuk berlalu lintas nilai yang diperoleh 0,695 dengan nilai tingkat pelayanan C. Kata kunci : Jalan Pemuda, Rasio Volume Kapasitas, Level of Service

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:55
Last Modified: 13 Feb 2018 03:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10357

Actions (login required)

View Item View Item