Masitohsari, Ika Yuyun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PENGAMATAN IPA DI KELAS III SDN SEMBUNGHARJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan proses pengamatan ipa serta perbedaan rata-rata dengan menerapkan model pembejalaran inkuiri terhadap keterampilan proses pengamatan IPA di SDN Sembungharjo 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Menggunakan Quasi Eksperimental Design diantaranya yaitu Nonequivalent Control Group Design. Obyek penelitian ini adalah kelas III A dan IIIB SDN Sembungharjo 01. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi keterampilan proses pengamatan IPA dan soal tes pilihan ganda. Dari hasil observasi keterampilan proses pengamatan IPA terdapat 70% keterampilan proses pengamatan dikelas eksperimen pertemuan pertama, dan 74% keterampilan proses pengamatan IPA di kelas eksperimen pertemuan kedua. Analisis data terdiri dari uji data awal, uji data akhir, dan uji hipotesis. Uji data awal dan akhir menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil uji data awal dan akhir menunjukkan data normal dan varian homogen. Hasil uji independet sample t-test menunjukkan bahwa t_(hitung )> t_tabel (3,867>2,021) dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata dalam penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan proses pengamatan IPA dikelas III SDN Sembungharjo 01. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, keterampilan proses pengamatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10183 |
Actions (login required)
View Item |