PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED NDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KELAS III SDN GEBANGSARI 02 SEMARANG

Rosaifa, Frisca Eman (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED NDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KELAS III SDN GEBANGSARI 02 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang masih kurang di kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianotindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatanodan tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 43 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Adanya peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan tanggung jawab siswa pada siklus I sebesar 66,39% dengan kriteria tanggung jawab baik dan pada siklus II meningkat sebesar 85,52% dengan kriteria tanggung jawab sangat baik. Selain itu, peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67,44% dan pada siklus II meningkat sebesar 88,37%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media gambar dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN Gebangsari 02 Semarang. Kata Kunci:Tanggung jawab, prestasi belajar, model pembelajaran Team Assisted Individualization, media gambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:45
Last Modified: 13 Feb 2018 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10175

Actions (login required)

View Item View Item