PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATERI MEMAHAMI CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN KARTU CERITA DI KELAS V SDN MANTINGAN

Fauzan, Ahmad (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN KETERAMPILAN MENYIMAK MATERI MEMAHAMI CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN KARTU CERITA DI KELAS V SDN MANTINGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan keterampilan menyimak mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) dengan berbantuan media Kartu Cerita di kelas V SDN Mantingan Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Mantingan yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes dan non tes. Dalam teknik tes alat yang digunakan untuk mengukur keterampilan menyimak siswa adalah lembar evaluasi. Sedangkan teknik nontes yaitu menggunakan observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta angket dengan menggunakan lembar angket untuk mengukur peningkatan sikap tanggung jawab siswa. Peningkatan sikap tanggung jawab siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan aspek-aspek tanggung jawab belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase sebanyak 79,80% termasuk kategori tanggung jawab baik. Pada siklus II memperoleh presentase sebesar 89,74% termasuk kategori tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan menyimak siswa pada siklus I ditunjukkan dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 54,55%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,82%. Berdasasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TAI dengan berbantuan media Kartu Cerita dapat meningkatkan tanggung jawab dan keterampilan menyimak di kelas V SDN Mantingan Jaken Pati. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Keterampilan Menyimak, Model Pembelajaran TAI, Media Kartu Cerita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:43
Last Modified: 13 Feb 2018 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10144

Actions (login required)

View Item View Item