PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS DAN MEDIA E-KOMIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2017

Syafrizal, Maulfi Alfan (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BERPIKIR BERBICARA MENULIS DAN MEDIA E-KOMIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 3 MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: keterampilan menulis, teks cerpen, model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik. Keterampilan menulis teks cerpen merupakan proses menuangkan ide dan gagasan ke dalam sebuah tulisan. Keterampilan menulis teks cerpen pada siswa kelas VII masih rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang mampu menentukan diksi dan tema dalam menulis teks cerpen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen menggunakan model berpikir, berbicara, menulis dan media E-Komik bermuatan pendidikan karakter pada siswa kelas VII SMP N 3 Mranggen, bagaimana peningkatan hasil keterampilan menulis teks cerpen menggunakan model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik, dan bagaimana perubahan sikap dan motivasi belajar siswa dalam menulis teks cerpen menggunakan model berpikir, berbicara, menulis dan media E-Komik bermuatan pendidikan karakter. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil Peningkatan keterampilan menulis teks cerpen pada prasiklus sebesar 64, 60, siklus I mencapai 74,93, dan pada siklus II sebesar 82,73, terjadi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik bermuatan pendidikan karakter dapat meningkatkan hasil tes menulis teks cerpen dan mengubah sikap dan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik. Peneliti menyarankan model berpikir berbicara menulis dan media E-Komik dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam mengajarkan materi menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item