PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MODEL MEMBACA SQ3R PADA SISWA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Diniarti, Dora Ratna (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MODEL MEMBACA SQ3R PADA SISWA KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: keterampilan membaca, teks eksplanasi kompleks, model membaca SQ3R. Keterampilan membaca teks eksplanasi kompleks merupakan salah satu kegiatan pembelajaran kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 2 Semarang. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas tersebut, diketahui pembelajaran membaca teks eksplanasi kompleks perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, model membaca SQ3R (Survey, Questions, Read, Recite, Review) digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca teks eksplanasi kompleks. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar, motivasi belajar, dan sikap belajar siswa kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 2 Semarang dalam membaca teks eksplanasi kompleks dengan model membaca SQ3R. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes yang dilakukan dengan memberikan tes membaca teks eksplanasi kompleks dan teknik nontes dengan melakukan observasi, memberikan lembar angket dan lembar wawancara, serta mendokumentasikan proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes siswa dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan sebesar 75, dapat diketahui bahwa model membaca SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca teks eksplanasi kompleks. Pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 62,94 atau dalam kategori kurang, dengan rincian sebanyak 8 siswa atau sebesar 22,22% yang tuntas dan sebanyak 28 siswa atau sebesar 77,78% tidak tuntas. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 74,56 atau dalam kategori cukup, dengan rincian sebanyak 23 siswa atau sebesar 63,89% yang tuntas dan sebanyak 13 siswa atau sebesar 36,11% tidak tuntas. Pada siklus III diperoleh rata-rata kelas sebesar 86,25 atau dalam kategori sangat baik, dengan rincian sebanyak 36 siswa atau sebesar 100% yang tuntas. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus III adalah 23,31 atau sebesar 64,75%. Selain itu, hasil observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 2 Semarang memberikan tanggapan baik setelah mengikuti pembelajaran membaca teks eksplanasi kompleks dengan model membaca SQ3R. Siswa merasa lebih memahami isi bacaan teks eksplanasi kompleks. Oleh sebab itu, guru dapat menerapkan model membaca SQ3R dalam pembelajaran membaca teks eksplanasi kompleks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:41
Last Modified: 13 Feb 2018 03:41
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10109

Actions (login required)

View Item View Item