GAYA BAHASA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG GAYA BAHASA DI SMA KELAS X

Faqihuddin, Syarif (2017) GAYA BAHASA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG GAYA BAHASA DI SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)

Abstract

Kata Kunci: Gaya Bahasa Novel Sang Pemimpi dan, Implementasi Pembelajaran di SMA. Penelitian ini berjudul Analisis Gaya Bahasa terhadap Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi gaya bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang gaya bahasa di SMA Kelas X. Tujuan penelitian ini adalah (1) Gaya bahasa apa saja yang digunakan oleh Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang gaya bahasa di SMA Kelas X. (2) Gaya bahasa apa yang paling dominan digunakan oleh Andrea Hirata dalam novel Sang Semimpi yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang gaya bahasa di SMA Kelas X. (3) Bagaimana implementasi gaya bahasa dalam novel Sang Pemimpi pada pembelajaran di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif berupa membaca novel Sang Pemimpi secara berulang-ulang, mencatat kalimat-kalimat yang menyatakan pemakaian gaya bahasa dan mengimplementasikan dalam pembelajaran di SMA. Hasil penelitian mengemukakan : (1) Di dalam novel Sang Pemimpi digunakan beberapa gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut yaitu: (a) perbandingan meliputi hiperbola, metonomia, personifikasi, perumpaman, metafora, sinokdoke, alusio, simile, asosiasi, epitet, eponim, dan pars pro toto; (b) perulangan meliputi aliterasi, anafora, anadiplosis, simploke, epizeukis, dan mesodiplosis; (c) pertentangan meliputi litotes, antitesis, dan oksimoron; (d) penegasan meliputi repetisi dan epifora. (2) Gaya bahasa yang paling dominan dipakai dalam novel Sang Pemimpi adalah personifikasi dengan penggunaan data sebanyak 62 kali. (3) Novel Sang Pemimpi ini juga dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMA kelas X dengan standar kompetensi kemampuan memahami berbagai hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan karena dapat menambah wawasan bagi siswa dalam memahami gaya bahasa yang dipakainya dalam novel Sang Pemimpi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2018 03:40
Last Modified: 13 Feb 2018 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item