Faqihuddin, Syarif (2017) GAYA BAHASA NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG GAYA BAHASA DI SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
Abstract
Kata Kunci: Gaya Bahasa Novel Sang Pemimpi dan, Implementasi Pembelajaran di SMA. Penelitian ini berjudul Analisis Gaya Bahasa terhadap Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi gaya bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang gaya bahasa di SMA Kelas X. Tujuan penelitian ini adalah (1) Gaya bahasa apa saja yang digunakan oleh Andrea Hirata dalam novel Sang Pemimpi yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang gaya bahasa di SMA Kelas X. (2) Gaya bahasa apa yang paling dominan digunakan oleh Andrea Hirata dalam novel Sang Semimpi yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Indonesia tentang gaya bahasa di SMA Kelas X. (3) Bagaimana implementasi gaya bahasa dalam novel Sang Pemimpi pada pembelajaran di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif berupa membaca novel Sang Pemimpi secara berulang-ulang, mencatat kalimat-kalimat yang menyatakan pemakaian gaya bahasa dan mengimplementasikan dalam pembelajaran di SMA. Hasil penelitian mengemukakan : (1) Di dalam novel Sang Pemimpi digunakan beberapa gaya bahasa. Gaya bahasa tersebut yaitu: (a) perbandingan meliputi hiperbola, metonomia, personifikasi, perumpaman, metafora, sinokdoke, alusio, simile, asosiasi, epitet, eponim, dan pars pro toto; (b) perulangan meliputi aliterasi, anafora, anadiplosis, simploke, epizeukis, dan mesodiplosis; (c) pertentangan meliputi litotes, antitesis, dan oksimoron; (d) penegasan meliputi repetisi dan epifora. (2) Gaya bahasa yang paling dominan dipakai dalam novel Sang Pemimpi adalah personifikasi dengan penggunaan data sebanyak 62 kali. (3) Novel Sang Pemimpi ini juga dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada jenjang SMA kelas X dengan standar kompetensi kemampuan memahami berbagai hikayat, novel Indonesia, novel terjemahan karena dapat menambah wawasan bagi siswa dalam memahami gaya bahasa yang dipakainya dalam novel Sang Pemimpi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 03:40 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 03:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/10103 |
Actions (login required)
View Item |