Azizah, Nur (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA BONTANG DI KELAS II SDN MUKTIHARJO LOR GENUK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (726kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) | Preview |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
||
|
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization and Intelectually (SAVI) dengan berbantuan media Bontang (boneka tangan) di kelas II A SDN Muktiharjo Lor Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas II A SDN Muktiharjo Lor yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes dan non tes. Dalam teknik tes alat yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa adalah lembar evaluasi. Sedangkan teknik nontes yaitu menggunakan observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta angket dengan menggunakan lembar angket untuk mengukur peningkatan sikap kreativitas siswa. Peningkatan sikap kreativitas siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan aspek-aspek kreativitas belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase sebanyak 73,68% termasuk kategori kreativitas baik. Pada siklus II memperoleh presentase sebesar 89,74% termasuk kategori kreativitas sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I ditunjukkan dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 73,52%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,29%. Berdasasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI dengan berbantuan media Bontang dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar di kelas II A SDN Muktiharjo Lor Genuk Semarang. Kata Kunci: Kreativitas, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran SAVI, Media Bontang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:33 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9443 |
Actions (login required)
View Item |