Mustikawati, Intan (2017) PENINGKATAN SIKAP KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA MAGIC SHAPES PADA SISWA KELAS V SDI DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di kelas V B SDI Darul Huda, menunjukkan bahwa sikap kreatif siswa masih kurang terbukti dengan dengan kurangnya rasa ingin tahu, kurang bersifat imajinatif, kurang merasa tertantang oleh kemajemukan, sifat berani mengambil resiko yang kurang, dan kurangnya sifat menghargai. Selain itu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh dibawah KKM. Penelitian yang dilaksanakan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran group investigation berbantuan media magic shapes pada siswa kelas V B SDI Darul Huda. Subyek penelitian ini kelas V B SDI Darul Huda 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I 77,4% dan pada siklus II mendapatkan persentase sebesar 88,3%. Pada kemampuan pemecahan masalah matematika, siklus I memperoleh persentase klasikal 58,3% dengan rata-rata kelas 52,8, sedangkan pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal 91,6% dengan rata-rata 73,25. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V B SDI Darul Huda. Kata Kunci : Sikap Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Group Investigation
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2018 01:32 |
Last Modified: | 17 Jan 2018 01:32 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9410 |
Actions (login required)
View Item |