PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN GAMBAR KELAS IIISD NEGERI KARANGROTO 02

Fitriyani, Eli (2017) PENINGKATAN DISIPLIN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN GAMBAR KELAS IIISD NEGERI KARANGROTO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan gambar kelas III SD Negeri Karangroto 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III B yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan padanya peningkatan disiplin belajar dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase 71,64% dan pada siklus I kriteria disiplin siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria sangat disiplin dengan persentase klasikal 86,31%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 71 dengan persentase ketuntasan kelas 63%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 87%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model student facilitator and explaining dengan berbantuan gambar dapat meningkatakan disiplin dan prestasi belajar IPS kelas III SD Negeri Karangroto 02. Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 07:16
Last Modified: 15 Jan 2018 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9374

Actions (login required)

View Item View Item