PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ALAT PERAGA PUZZLE MATEMATIKA DI KELAS V SD N GEBANGSARI 03

Romadlon, Ayu (2017) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN ALAT PERAGA PUZZLE MATEMATIKA DI KELAS V SD N GEBANGSARI 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Kemampuan prestasi belajar dan kemandirian belajar masih kurang, sehingga diperlukan adanya inovasi dalam meningkatkan prestasi belajar dan kemandirian belajar yaitu dengan penggunaan model kontekstual berbantuan alat peraga puzzle matematika, yang mana model pembelajaran kontekstual menekankan siswa untuk menemukan sendiri (inquiri), serta model pembelajaran kontekstual akan mengaitkan dengan lingkungan sekitar dengan materi yang diajarkan, yang mana sangat membantu dalam proses pembelajaran berlangsung , dan alat peraga puzzle matematika berguna untuk membantu siswa memahami secara mudah materi yang diajarkan, sehingga prestasi belajar dan kemandirian belajar meningkat. Penelitian ini mempunyai tujuan meningkatkan prestasi dan kemndirian belajar matematika materi bangun datar melaui model pembelajaran kontekstual berbantuan alat peraga puzzle matematika di kelas V SD N Gebangsari 03. Data tes dianalisis dengan menggunakan tes evaluasi dan angket kemandirian belajar yang diberikan dalam 2 siklus. Hasil yang dicapai dalam peningkatan prestasi belajar siklus I memperoleh persentase ketuntasan 71,43% dan untuk siklus II mencapai ketuntasan klasikal 84,21%. Kemudian untuk hasil angket kemandirian belajar siklus I memperoleh persentase 73,29% dan siklus II memperoleh nilai persentase 91,61% masuk dalam kriteria sangat baik. Sesuai hasil penelitian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan alat peraga puzzle matematika dapat meningkatakan prestasi dan kemandirian belajar siswa di kelas V SD N Gebangsari 03. Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Alat Peraga Puzzle Matematika, Prestasi Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2018 05:49
Last Modified: 15 Jan 2018 05:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9337

Actions (login required)

View Item View Item