THE EFFECTIVENESS OF SCAFFOLDING AS A TEACHING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT ACHIEVEMENT (A Case of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2014/2015)

KRISNAWATI, DIAH (2015) THE EFFECTIVENESS OF SCAFFOLDING AS A TEACHING TECHNIQUE TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT ACHIEVEMENT (A Case of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in the Academic Year of 2014/2015). Undergraduate thesis, Fakultas Bahasa UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Krisnawati, Diah. 2015. “The Effectiveness of Scaffolding as a Teaching Technique to Improve Students’ Writing Recount Text Achievement (A Case of the Tenth Graders of SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang in Academic Year 2014/2015)”. The advisor: Hartono, S.S., M.Pd. A Final Project, English Education Department, Sultan Agung Islamic University, 2015. Studi ini adalah tentang metode mengajar teks recount dengan menggunakan tehnik pembelajaran Scaffolding untuk siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan apakah tehnik pembelajaran Scaffolding efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount. Studi ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental dengan subyek siswa-siswi kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2014/2015 dan sample studinya adalah kelas X IIS 1 sebagai kelompok kontrol (35) dan X IIS 2 (33) sebagai kelompok eksperimen. Dalam pengolahan data, penulis menggunakan lima elemen penilaian kemampuan menulis dan itu digunakan sebanyak dua kali, dalam pre-test dan post-test. Kemudian penulis menganalisis data tersebut menggunakan SPSS untuk windows versi 16.00. Dari hasil analisis, diketahui bahwa sebelum kegiatan belajar mengajar, kemampuan kedua kelompok hampir sama, tetapi setelah mendapat teknik pembelajaran yang berbeda, hasil post-test dari kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berdasarkan analisis statistik, dapat dilihat bahwa nilai t-test lebih tinggi dibandaing nilai t-table (6.500 > 1.997) dan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa tehnik pembelajaran Scaffolding efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 03:53
Last Modified: 26 Aug 2015 03:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item