PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP N 1 KEDUNG JEPARA

ARISTA, YUNI (2015) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI PESERTA DIDIK DI SMP N 1 KEDUNG JEPARA. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Yuni Arista. 2015. 152111704. Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar PAI Peserta Didik di SMP N 1 Kedung Jepara. Jurusan Tarbiyah. Unissula Sultan Agung. Pembimbingan Drs. M. Muhtar Arifin, S.M.Lib. Kata kunci : gaya mengajar guru, motivasi belajar variasi gaya mengajar adalah perubahan-perubahan yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang meliputi variasi suara dan tingkah laku yang bertujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan yang sesuai dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana variasi gaya mengajar guru PAI di SMP N 1 Kedung Jepara, 2) Bagaimana motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Kedung Jepara, 3) Bagaimana pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Kedung Jepara. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui variasi gaya mengajar guru PAI di SMP N 1 Kedung Jepara, 2) Untuk mengetahui motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Kedung Jepara, 3) Untuk mengetahui pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Kedung Jepara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi gaya mengajar guru PAI (X), yang merupakan strategi belajar mengajar yang bisa digunakan guru dalam proses pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar PAI peserta didik (Y) yaitu daya upaya yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang ditandai dengan timbulnya afektif dan reaksi untuk mencapai tujuan tertentu. Jenis peneltian ini adalah penelitian lapangan (Field Reserch) dengan pendekatan kuantitatif. Dan populasinya adalah seluruh peserta didik SMP N 1 Kedung Jepara yang berjumlah 581 siswa yang terdiri dari 22 kelas, teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah purposive sempling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi kuesioner, interview dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi “Person Product Moment Correlation”(PPMC). Dalam hal ini menempuh 3 langkah yaitu, analisis data variasi gaya mengajar guru PAI, analisis data motivasi belajar PAI peserta didik, dan analisis pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar PAI peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “ada hasil yang positif dan signifikan tentang pengaruh variasi gaya mengajar guru PAI terhadap motivasi belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Kedung Jepara”, diterima. Hal ini membuktikan bahwa pada hasil perhitungan korelasi hitung menunjukkan bahwa nilai r hitung = 0,775 berada pada arah yang positif, sedangkan uji signifikansi koefesien korelasi menunjukkan bahwa rt pada taraf signifikansi 5 % sebesar 0,349 dengan demikian dapat diketahui r hitung lebih tingi daripada rt tabel pada taraf signifikansi 5 % dengan kata lain Ho ditolak sehingga demikian Ha diterima. Saran dalam penelitian ini adalah Untuk para guru, dalam proses pembelajaran dibutuhkan variasi gaya mengajar yang tepat dan menarik, sehingga peserta didik tidak cepat merasa bosan. Karena itu, janganlah bosan untuk berusaha menyajikan proses pembelajaran yang menarik demi kemajuan peserta didiknya. Karena peserta didik akan termotivasi untuk belajar jika gurunya menyajikan pengajaran yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 03:10
Last Modified: 26 Aug 2015 03:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item