PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK

MUBAROK, SULTON SALAFI (2015) PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR GURU PAI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI MTs AN-NIDHAM KALISARI SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Dartar Isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. JUDUL.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Pengaruh pengalaman mengajar terhadap kompetensi paedagogik guru PAI di MTs an-Nidham Kalisari Sayung Demak. Pengalaman mengajar (X) yang dimaksud adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai dan norma-norma yang diperoleh guru dari tiga hal, pertama diperoleh dari jenjang pendidikan, kedua diperoleh dari pelatihan pendidikan/penataran dan ketiga diperoleh dari lama mengajar. Kompetensi paedagogik (Y) yang meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pelaksanaan dan pemanfaatan evaluasi hasil belajar (EHB), dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian yang diajukan peneliti adalah (1) untuk mengetehui bagaimana penglaman mengajar guru pai di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak. (2) untuk mengetahui bagaimana kompetensi paedagogik guru pai di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak. (3) untuk mengetahuhi pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap kemampuan mengajarr guru pai di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu untuk memperoleh data yang konkret tentang masalah yang akan diteliti, peneliti langsung mengadakan penelitian di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat ex post facto, karena penelitian ini dilaksanakan dengan mendeskripsikan situasi sekarang yang datanya berupa angka-angka, kemudian dicari hubungan dengan faktorfaktor yang telah terjadi sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama tingkat pengalaman mengajar guru PAI di MTs An- Nidham Kalisari Sayung Demak tergolong baik, dengan prosentase sebesar 66,7%. Kedua tingkat kompetensi paedagogik guru PAI di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak tergolong cukup baik dengan prosentase sebesar 55,6%. Ketiga, guna mengetahui pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y peneliti menggunakan korelasi statistik uji t. Hasil analisis yang diperoleh adalah sebesar 31,474 %, maka dengan hasil tersebut Ha dinyatakan diterima atau ada pengaruh yang signifikan, baik pada taraf signifikansi 5% 2,306 maupun 1% 3,355. Dari analisis tersebut menunjukan bahwa penglaman mengajar berpengaruh positif terhadap kemapuan mengajar guru PAI di MTs An-Nidham Kalisari Sayung Demak. Saran, khususnya bagi guru untuk lebih mengembangkan diri atau bersikap inovatif ketika dalam proses pembelajaran dan untuk selalu berupaya meningkatkan kemampuan dan kecakapan yang berkaitan erat dengan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini mutlak diperlukan agar hasil yang dicapai lebih baik lagi. Kata kunci : Penglaman mengajar, Kompetensi Paedagogik, PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 26 Aug 2015 02:32
Last Modified: 26 Aug 2015 02:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item