STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT SEMARANG

Sukijan, Sukijan (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT SEMARANG. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1..pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu pertama, masih adanya kesenjangan antara anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam mendapatkan akses pendidikan yang layak dan berkualitas. Seolah-olah pendidikan dan peserta didik tunagrahita didikotomikan oleh segelintir orang; kedua, peserta didik tunagrahita mengalami ketertinggalan dalam ilmu pengetahuan, karena ia diperlakukan yang tidak adil oleh beberapa orang, yang kemudian kehidupan mereka lebih banyak dihabiskan sebagai pengemis dibandingkan mengejar pendidikan di lembaga formal; ketiga, YPAC sebagai tokoh yayasan pembaharu dalam pendidikan yang menyediakan pendidikan formal bagi anak-anak tunagrahita; Keempat, pendidikan agama Islam yang dipelajari di SLB C YPAC menerapkan strategi yang berkualitas untuk menanggulangi problematika pembelajaran di kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB C YPAC Semarang; dan 2) Bagaimana Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB C YPAC Semarang. Tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan; 1) pelaksanaan Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB C YPAC Semarang; dan 3) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SLB C YPAC Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan dengan mengambil latar Sekolah Luar Biasa C Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal pokok yang menjadi fokus penelitian, memahami, menganalisa, menarik kesimpulan dan menyajikan data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakankan triangulasi data dari penggabungan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ialah bahwa; 1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SLB C YPAC Semarang mengacu pada KI-KD yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, namun masih menyesuaikan dengan kemampuan anak tunagrahita berdasarkan problematika yang mereka alami, baik secara internal maupun ekseternal; 2) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB C YPAC Semarang tersistem dengan baik mulai dari; (a) Perencanaan yang menggunakan pendeketan individual sesuai problematika setiap anak tunagrahita; (b) Pelaksanaan dengan metode ceramah, menebali, dan demontrasi yang dikembangkan sesuai kreativitas Guru PAI kemudian dicontohkan secara konkret; dan (c) evaluasi yang mempertimbangkan analisis perilaku Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PAI, Tunagrahita, SLB C YPAC Semarang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Dec 2017 02:42
Last Modified: 13 Dec 2017 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item