PERAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN VARIASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N GEBANG 1 KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015

SHOLEKHAH, MA’RIFATUS (2015) PERAN GURU TERHADAP PENGEMBANGAN VARIASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N GEBANG 1 KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MA'RIFATUS SHOLEKHAH _152111638__1ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MA'RIFATUS SHOLEKHAH _152111638__1COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MA'RIFATUS SHOLEKHAH _152111638__1DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PERAN SERTA GURU TERHADAP PENGEMBANGAN VARIASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI GEBANG 1 BONANG DEMAK Ma’rifatus, Sholekhah. 2015. Peran Guru Terhadap Pengembangan Variasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Gebang 1 Bonang Demak. Jurusan Tarbiyah Universitas Sultan Agung (UNISSULA). Pembimbing : Drs. M. Muhtar Arifin Sholeh, M. Lib. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengetahui permasalahan variasi belajar siswa serta bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan variasi belajar siswa di SD Negeri Gebang 1 Bonang Demak, serta untuk mengetahui faktor-faktor terjadinya pengembangan variasi belajar siswa dan mengetahui faktor apa saja yang menghambat dan pendukung stategi guru PAI dalam mengembangkan variasi belajar siswa di SD Negeri Gebang 1 Bonang Demak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan variasi belajar siswa di SD Negeri Gebang 1 Bonang Demak. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Apabila ditinjau berdasarkan pendekatannya, penelitian tersebut termasuk dalam penelitian kualitatif. Sedangkan apabila ditinjau berdasarkan tujuannya, penelitian tersebut tergolong dalam penelitian deskriptif. Dengan mengambil obyek penelitian di SD Negeri gebang 1 Bonang Demak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) ada beberapa jenis variasi belajar siswa di SD Negeri Gebang 1 Bonang antara lain seperti Variasi Belajar Siswa pada permulaan belajar, Variasi Belajar Siswa dalam Menerima Pelajaran, Variasi Belajar Siswa dalam Menyerap Pelajaran, Variasi Belajar Siswa dalam Memecahkan Pelajaran. (2) adapun peran guru Pendidikan Agama Islam yaitu guru sebagai kolektor, inspirator, motivator , fasilitator, dan pembimbing. (3) ada beberapa faktor yang mendukung pengembangan variasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Gebang 1 Bonang. Diantaranya ialah, ada kemauan atau kesadaran siswa untuk belajar, siswa sangat termotivasi terhadap pengembangan serta peningkatan kualitas keagamaan sehingga mempermudah kerja guru dan SDM para pengajar yang berkualitas profesional pada guru sehingga mendukung dalam ketrampilan menggunakan variasi belajar. Faktor yang menghambat ialah guru kurang matang dalam mempersiapkan seperangkat pembelajarannya sehingga menghambat dalam pelaksanaan pembelajaran, pengetahuan guru tentang siswa-siswa yang masih kurang seperti tingkat kecerdasan siswa, bakat dan minat Kata kunci : guru PAI, variasi belajar, siswa SD Negeri Gebang 1 Bonang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item