EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI MTs. SA.PP. HIDAYATUL QUR’AN SAYUNG DEMAK

ARIF, IMAMUL (2015) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN IBADAH SHALAT PESERTA DIDIK DI MTs. SA.PP. HIDAYATUL QUR’AN SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 1 BENDEL ARIF TANGGAL 10 APRIL 2015_1ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI 1 BENDEL ARIF TANGGAL 10 APRIL 2015_1COVER.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI 1 BENDEL ARIF TANGGAL 10 APRIL 2015_1DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Imamul, Arif, 152111613, Efektifitas Pembelajaran fiqih dalam Meningkatkan Disiplin Ibadah Shalat Peserta Didik di MTs.SA.PP. Hidayatul Qur’an Sayung Demak. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sultan Agung. Dosen Pembimbing : Drs. M. Muhtar Arifin S, M. Lib. Kegiatan salat merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan di MTs.SA.PP. Hidayatul Qur’an Sayung Demak. sebagai langkah pembiasaan dalam berdisiplin melaksanakan shalat lima waktu serta tambahan nilai pelajaran agama di kelas. Tujuan untuk menanamkan nilai-nilai disiplin beribadah kepada siswa. Kegiatan shalat berjamaah ini merupakan salah satu cara yang dilakukan pihak sekolah sebagai pembinaan disiplin ibadah. Sekolah sangat berharap bahwa kegiatan tersebutkan membantu bidang studi pendidikan agama Islam dalam rangka membentuk para siswa berkepribadian muslim yang taat dalam melaksanakan ibadah terutama shalat lima waktu. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur efektivitas pendidikan agama Islam dalam meningkatkan disiplin ibadah shalat. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif yaitu kombinasi pengamatan lapangan. Peneliti menggambarkan mengenai status suatu pendekatan kualitatif dan kemudian dilakukan interpretasi dan penjabaran data dari informasi lapangan yang didapatkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan teknik analisis datanya antara lain melalui tahap pengeditan, diberi skor,dianalisis, kemudian data yang telah diperoleh di interpretasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa pengetahuan Siswa mengenai pembelajaran fiqih mampu memberikan dorongan dalam melaksanakan ibadah terutama shalat dan membantu siswa dalam meningkatkan shalat berjama’ah disekolah. Hal ini bisa ditunjukkan pada hasil pengembangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang diperoleh dari hasil angket kemudian diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan hasil yang cukup baik nilainya. Dengan demikian efektivitas pendidikan agama Islam dalam meningkatkan disiplin ibadah masih menunjukkan hasil yang cukup baik. Pendidikan Agama Islam, Ibadah, Disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2015 08:51
Last Modified: 25 Aug 2015 08:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/868

Actions (login required)

View Item View Item