Maharani, Melati (2017) PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI BERBASIS ORGANISASI PEMBELAJAR DAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Kinerja Organisasi merupakan suatu penilaian untuk mengetahui tujuan akhir yang ingin dicapai oleh individu, kelompok maupun organisasi. Chennamaneni, Teng & Raja (2011), menyimpulkan bahwa pemanfaatan ICT dalam berbagai bentuk konten dirasakan sesuai terutama pada efisiensi dan pencapaian target kinerja. Sebaliknya, Friska Manurung, Taufeni Taufik dan Yessi Mutia Basri (2011) menyatakan bahwa secara umum pemanfaatan ICT oleh pemerintah relatif kurang optimal dan belum menunjukkan arah pembentukan e-Governance yang baik. Lejla & Nijaz (2016) melakukan penelitian yang mendukung kesimpulan tersebut dan menyatakan bahwa ICT saja tidak akan cukup untuk menghasilkan kinerja organisasi yang superior. Penelitian ini bertujuan menguji model empirik peningkatan kinerja organisasi bila dikaitkan dengan implementasi ICT dan penerapan budaya organisasi pembelajar serta dimoderasi oleh dukungan pimpinan. Masalah penelitian diajukan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan kinerja organisasi. Berdasarkan permasalahan, penelitian ini menguji model teoritis dan lima hipotesis. Responden studi ini adalah pengelola kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan sebanyak 150 orang dengan metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dalam penggunaan ICT dapat berpengaruh langsung meningkatkan kinerja organisasi. Sementara support leadership menjadi faktor moderating yang memperkuat implementasi ICT yang berpengaruh terhadap kinerja organisasi tersebut. Namun demikian ICT juga bisa berpengaruh terhadap kinerja organisasi secara tidak langsung, yaitu melalui organisasi pembelajar. Sayangnya, support leadership tidak dapat bertindak sebagai faktor moderasi untuk memperkuat persamaan budaya organisasi pembelajar yang berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Kata kunci : teknologi informasi komunikasi, organisasi pembelajar dan dukungan pimpinan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 03:14 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 03:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8405 |
Actions (login required)
View Item |