PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN IKM OLAHAN BANDENG KOTA SEMARANG MELALUI ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN ALIANSI

Amalia, Rizqa (2017) PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN IKM OLAHAN BANDENG KOTA SEMARANG MELALUI ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN ALIANSI. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Image
publikasi.jpg

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Keberadaan industri kecil dan menengah (IKM) olahan bandeng merupakan salah satu potensi industri unggulan di Kota Semarang. Persebaran IKM ini berada di Sentra-sentra Olahan bandeng yang menjadikan produk bandeng presto sebagai makanan khas Semarang. Namun, fenomena yang muncul ialah bandeng presto dari perusahaan besar yang lebih dikenal dan diminati wisatawan, seperti bandeng merek “Juwana”, bandeng merek “Presto” dan lain-lain. Hal ini berdampak pada penjualan produk bandeng presto hasil olahan IKM di Kota Semarang. Untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, pelaku IKM harus memiliki kompetensi wirausaha dalam memasarkan produk (entrepreneurial marketing) dan kemampuan mengadakan kerjasama dalam bentuk aliansi untuk perluasan pemasaran. Dalam penelitian ini maka dirumuskanlah dua variabel, yaitu entrepreneurial marketing dan aliansi untuk meningkatkan kinerja pemasaran IKM Olahan bandeng di Kota Semarang. Pengujian dilakukan dengan teknik analisis PLS (Partial Least Square) yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh hubungan antara entrepreneurial marketing, aliansi dan kinerja pemasaran. Semakin tinggi entrepreneurial marketing pelaku IKM maka semakin baik aliansinya. Semakin baik aliansi yang dilakukan IKM akan berdampak pada kinerja pemasaran usahanya. Selain itu, diketahui adanya pengaruh tidak langsung antara entrepreneurial marketing terhadap kinerja pemasaran melalui aliansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 03:12
Last Modified: 24 Nov 2017 03:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8396

Actions (login required)

View Item View Item