Rohmah, Ana Nazilatul (2017) PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL IPS KELAS V SDN TRIMULYO 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal di kelas V SDN Trimulyo 02 Kecamatan Genuk Kabupaten Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS. Masih banyak siswa yang belum memenuhi KKM. Selain itu juga pembelajaran di kelas sebagian besar masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa merasa cepat bosan dan monoton pada proses pembelajaran. Sehingga masih perlu usaha yang dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran IPS mealui model pembelajaran Inside Outside Circle kelas V SDN Trimulyo 02, meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Inside Outside Circle kelas V SDN Trimulyo 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Trimulyo 02 Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa siklus I mendapatkan presentase 58,54 % kriteria minat siswa cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan, yaitu dengan presentase 81,93 % kriteria minat siswa baik. Adanya peningkatan Prestasi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar 70,95 %. Pada siklus II, diperoleh presentase ketuntasan belajar 85,25 % dari jumlah seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan minat siswa, aktivitas siswa dan prestasi belajar di kelas V SDN Trimulyo 02. Saran dari peneliti, diharapkan guru dapat menggunakan media audio/audio visual yang lebih menarik sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Minat ,Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Inside Outside Circle
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:45 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:45 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8005 |
Actions (login required)
View Item |