PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI PERATURAN PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DI KELAS V SDN PENAWANGAN 02

Erfiana, Ani (2017) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI PERATURAN PUSAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DI KELAS V SDN PENAWANGAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give di kelas V SDN Penawangan 02, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Penawangan 02 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengmpulan datamenggunakan observasi, angket, dan lembar evaluasi. Adanya peningkatan tanggung jawab siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek tanggung jawab siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh persentase 65% dengan kriteria bertanggung jawab. pada siklus II diperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat bertanggung jawab. Adanya peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan persentase ketuntasan kelas 75%. Pada siklus II dengan persentase ketuntasan kelas 90%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar di kelas V Penawangan 02. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tanggung Jawab, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:45
Last Modified: 24 Nov 2017 02:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/8004

Actions (login required)

View Item View Item