PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG DAN MINAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SDN TRIMULYO 01

Kharisma, Naufal Faatih (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG DAN MINAT MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL KELAS V SDN TRIMULYO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Publikasi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya suatu proses dalam upaya membangun manusia yang dapat menggali diri dan menggali potensi yang dimilikinya. bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam pembelajarannya, siswa dapat berbahasa Indonesia baik secara lisan maupun secara tertulis dan mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, sementara siswa belum begitu menyadari pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia sehingga menyebabkan siswa mempunyai minat belajar khususnya keterampilan menulis rendah.Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan masalah di SDN Trimulyo 01 bahwa keterampilan menulis dan minat siswa kelas V rendah. Model Think Pair Share digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis dan minat siswa. Jenis penilitian adalah penelitian tindakan kelas, siswa kelas V SDN Trimulyo 01 sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu tes, angket, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) minat siswa pada siklus I memperoleh skor 124 dengan persentase 70,45 %, pada siklus II memperoleh skor 145 dengan persentase 82,38%. (2) Sedangkan keterampilan menulis siswa pada siklus I nilai rata-rata 62,87 dengan ketuntasan klasikal mencapai 59,09%, pada siklus II nilai rata-rata 75,75 dengan ketuntasan klasikal mencapai 81,81% Jadi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media audio visual dapat meningkatkan minat dan keterampilan menulis dialog. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Minat, Model Think Pair Share

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:44
Last Modified: 24 Nov 2017 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item View Item