PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SDN BANJARSARI 02

Imelda, Yesi (2017) PENINGKATAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DI KELAS V SDN BANJARSARI 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan rasa ingin tahu siswa melalui model Problem Based Learning dalam pembelajaran Tematik pada materi Jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Banjarsari 02 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa di kelas V SDN Banjarsari 02 yang tidak Aktif dan kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi misalnya ceramah konvensional yang menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model Problem Based Learning belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN Banjarsari 02 kelas V yang berjumlah 31 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar dalam setiap siklusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai presentase peningkatan kemampuan rasa ingin tahu siswa dari siklus I sampai siklus II, yaitu pada siklus I muncul sikap rasa ingin tahu dengan memperoleh nilai rata-rata 76% dengan kriteria mempunyai rasa ingin tahu, siklus II memperoleh nilai rata-rata 90% dengan kriteria sangat mempunyai rasa ingin tahu. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan prestasi hasil belajar siswa. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65% pada kriteria baik. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 87% pada kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperolah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan kemampuan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa pada materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia kelas V Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:43
Last Modified: 24 Nov 2017 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7966

Actions (login required)

View Item View Item