PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA PADA STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA N 6 SEMARANG

Abdiyah, Wifqi (2015) PENGARUH KETERAMPILAN BERTANYA PADA STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMA N 6 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIFQI ABDIYAH _422110037__1abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIFQI ABDIYAH _422110037__1daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WIFQI ABDIYAH _422110037__1cover.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Abdiyah, W. 2015. “Pengaruh Keterampilan Bertanya Pada Strategi Pembelajaran Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Trigonometri Kelas X SMA N 6 Semarang”. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Nila Ubaidah, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Keterampilan Bertanya, Question Student Have, STAD, Hasil Belajar. Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan bertanya siswa terhadap hasil belajar siswa serta perbedaan hasil belajar yang menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have dan strategi pembelajaran STAD materi trigonometri pada siswa kelas X SMA N 6 Semarang tahun ajaran 2014/2015. Populasi penelitian berjumlah 360 siswa dan pengambilan sampel dengan tekhnik cluster random sampling didapat kelas X-MIA5 sebagai kelas eksperimen, dan X-MIA6 sebagai kelas kontrol di SMA N 6 Semarang dengan jumlah 72 siswa, untuk masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Sebelum penelitian, dilakukan uji tes soal guna mengetahui valid tidaknya soal, reliabilitas, daya pembeda, dan taraf kesukaran di kelas X-MIA3 SMA N 6 Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi metode pengamatan dan metode tes. Selanjutnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari varian yang sama atau homogen. Data diambil dari nilai sebelum penelitian pada materi trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan, keterampilan bertanya diperoleh prosentase sebesar 88,24%. Pada distribusi t diperoleh niai sig. t_hitung=5,886>t_tabel=1,691 dengan probabilitas sig. 0,000<0,05. Ini berarti variabel keterampilan bertanya mempunyai hubungan linear terhadap hasil belajar. Selanjutnya pengaruh keterampilan bertanya terhadap hasil belajar diperoleh persamaan Y ̂=12,43+0,829X, nilai F_hitung=34,643>F_tabel=4,13 dengan probabilitas nilai sig. Sebesar 0,000=0%<5% dan nilai R square 0,505 =50,5%, ini berarti 50,5% variasi yang terjadi didalam Y dapat dijelaskan oleh X_ melalui strategi regresi Y=12,43+0,829X, sedangkan 49,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 84,72. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh hasil sebesar 79,25. Pada kelas eksperimen siswa telah tuntas belajar dengan batas minimal yang telah ditetapkan yaitu 76. Berarti ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,93% tercapai dan rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian adalah keterampilan bertanya pada strategi pembelajaran Question Student Have berpengaruh terhadap hasil belajar dan penerapan strategi pembelajaran Question Student Have pada pembelajaran dapat dikatakan lebih baik dari pada pembelajaran yang strategi STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/786

Actions (login required)

View Item View Item