KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA MTs

Sa’diyah, Salimatus (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALIMATUS SA'DIYAH _422110032__1abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALIMATUS SA'DIYAH _422110032__1cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALIMATUS SA'DIYAH _422110032__1daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sa’diyah, Salimatus. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Problem PosingTipe Pre Solution PosingTerhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII MTs. Skripsi, Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci : model pembelajaranProblem Posing Tipe Pre Solution Posing, pembelajaran ekspositori, kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh aktivitas siswa dalam model pembelajaran Problem posing tipe pre solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat (2) perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang dikenai model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan pembelajaran ekspositori pada materi segiempat (3) hasil belajar siswa berupa kemampuan pemecahan masalah mencapai KKM sebesar 75 pada materi segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri atas kelas VII A, VII B,VII C, VII D, VII E dan VII F. Sampel penelitian ini adalah diambil tiga kelas secara acak dari 6 kelas yaitu VII D sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran ekspositori) sebanyak 27 siswa, VII E sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing) sebanyak 32 siswa, dan VII A sebagai kelas uji coba sebanyak 32 siswa. Data penelitian diperoleh melalui: (1) dokumentasi, (2) obsevasi, (3) tes, (4) angket. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah digunakan uji regresi, untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah digunakan uji t, untuk mengetahui rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 25,63, pengaruh aktivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah 55,76. Rata-rata kelas eksperimen mencapai81,84 dan rata-rata kelas kontrol mencapai 81,55. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh aktivitas siswa dalam model pembelajaran Problem posing tipe pre solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah materi segiempat pada siswa kelas VII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun ajaran 2014/2015, (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang dikenai model pembelajaran problem posing tipe pre solution posing dan pembelajaran ekspositori pada materi segiempat pada siswa kelas VII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun ajaran 2014/2015, (3) hasil belajar siswa berupa kemampuan pemecahan masalah mencapai KKM sebesar 75 pada materi segiempat siswa kelas VII MTs Nahdlatusy Syubban Sayung Demak tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item