Widiawati, Ratna (2015) PENGARUH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TABA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 MRANGGEN PADA MATERI MATRIKS. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Widiawati, Ratna. 2015. Pengaruh Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Model Pembelajaran Taba Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Mranggen pada Materi Matriks Tahun Pelajaran 2014/2015 Semester Ganjil. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. M. Abdul Basir, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Berpikir Tingkat Tinggi, Model Pembelajaran, Taba, Matriks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan model pembelajaran Taba terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Mranggen pada materi matriks tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil, adapun keterampilan berpikir tingkat tinggi yang digunakan peneliti meliputi keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan berpikir kritis. Subyek penelitian adalah kelas X IPA 1 SMA N 1 Mranggen tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil sebagai kelompok eksperimen dalam penelitian menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan model pembelajaran Taba dan kelas X IPA 4 SMA N 1 Mranggen tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran ekspositori atau yang biasa dikenal ceramah bervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian keterampilan berpikir kreatif (x ) mempengaruhi hasil belajar sebesar 10% dan keterampilan berpikir kritis (x vii 2 1 ) sebesar 12% dengan pengaruh secara keseluruhan sebesar 22% serta persamaan regresi yang diperoleh sebesar . dengan ketuntasan belajar siswa yang mencapai KKM secara klasikal pada kolompok eksperimen sebesar 30 dari 40 siswa atau setara dengan 75% dan kelompok kontrol ketuntasan belajar siswa yang mencapai KKM secara klasikal mencapai 38,5% atau 15 dari 39 siswa. Ratarata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 77,33 dan rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol sebesar 72,38. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif keterampialan berpikir tingkat tinggi dengan model pembelajaran Taba terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Mranggen pada materi matriks tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil dan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen menggunakan keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan model pembelajaran Taba mencapai kategori baik dan lebih tinggi dari kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Saran yang diharapkan peneliti untuk guru matematika adalah dapat memilih pemebelajaran yang efektif guna mengoptimalkan keterampilan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 07:00 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 07:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/782 |
Actions (login required)
View Item |