KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MATERI MATRIKS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS X SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG

Qoniatin, Qoniatin (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE MATERI MATRIKS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN SISWA KELAS X SMK CUT NYA’ DIEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI QONIATIN _422110029__1abstrak.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI QONIATIN _422110029__1cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI QONIATIN _422110029__1daftar isi.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Qoniatin. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Materi Matriks Terhadap Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. M. Abdul Basir, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Think-Pair-Share, Kemampuan Penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi matriks kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang tahun pelajaran 2014/2015 efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang, yang terdiri dari 5 kelas dengan keseluruhan berjumlah 149 orang. Sampel penelitian ini adalah diambil dua kelas secara acak dari kelima kelas yaitu kelas X Administrasi 1 yang berjumlah 38 siswa dan X Administrasi 2 yang berjumlah 37 siswa. Kelas X Administrasi 1 sebagai kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share), dan kelas X Administrasi 2 sebagai kelompok kontrol (menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning). Pengumpulan data menggunakan metode observasi/pengamatan dan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara aktivitas peserta didik dengan model pembelajaran TPS terhadap kemampuan penalaran siswa materi matriks. Dari proses penghitungan dengan progam SPSS diperoleh Fhitung = 5,656 lebih besar daripada Ftabel = 3,24 dengan probabilitas (Sig.) sebesar 0,023 kurang dari 5 %, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima berarti aktivitas siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share berpengaruh terhadap kemampuan penalaran siswa materi matriks. 2) terdapat perbedaan kemampuan penalaran siswa antara model pembelajaran TPS dan PBL. Dari proses perhitungan dengan progam SPSS diperoleh nilai sig. (2 tailed) = 0,002 < 5% atau karena diperoleh nilai thitung = 3,311 ttabel = 2,024 maka H0 ditolak dan diterima, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima berarti kedua kelas memiliki mean kelas eksperimen lebih besar dari mean kelas kontrol. 3) rata-rata kemampuan penalaran siswa dengan model Think-Pair-Share lebih dari KKM, hal ini berdasarkan output SPSS menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,018 kurang dari 0,05 maka Ha diterima. Penerapan pembelajaran Think-Pair-Share dalam proses pembelajaran materi matriks berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan uji regresi dilihat aktivitas belajar terhadap kemampuan penalaran siswa sebesar 50,5% dengan persamaan regresi = 39,677 + 0,436 . Hasil deskripsi prestasi belajar diperoleh rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 79,45 dan kelas kontrol 63,95. Ini berarti dapat dikatakan bahwa kemampuan penalaran siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share lebih dari kemampuan penalaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Prestasi rata-rata belajar siswa kelas eksperimen sebanyak 79,45 siswa tuntas belajar sesuai dengan batas minimal yang ditetapkan yaitu sebesar 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 07:00
Last Modified: 24 Aug 2015 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/781

Actions (login required)

View Item View Item