Ulwiyah, Ana (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP STATISTIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MRANGGEN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
SKRIPSI ANA ULWIYAH_1abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI ANA ULWIYAH_1cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI ANA ULWIYAH_1daftar isi.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Ulwiyah, Ana. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Pemahaman Konsep Statistika pada Siswa Kelas XI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh motivasi belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe course review horay terhadap pemahaman konsep statistika (2) perbedaan rata-rata pemahaman konsep (hasil belajar) yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dan pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada pokok bahasan statistika (3) rata-rata hasil belajar (pemahaman konsep) siswa pada model course review horay mencapai kategori baik yaitu 75 dengan skalanya 1-100 pada pokok bahasan statistika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Mranggen yang terdiri atas kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4. Sampel penelitian ini adalah diambil tiga kelas secara acak dari empat kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran talking stick) sebanyak 37 siswa, XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran CRH) sebanyak 37 siswa, dan XI IPA 4 sebagai kelas uji coba sebanyak 38 siswa. Data penelitian diperoleh melalui: (1) dokumentasi, (2) observasi, (3) tes, (4) angket. Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap pemahaman konsep (hasil belajar) digunakan uji regresi, untuk mengetahui perbedaan rata-rata pemahaman konsep (hasil belajar) digunakan uji t, untuk mengetahui rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 76,51%, pengaruh motivasi terhadap pemahaman konsep mencapai 60,7%, rata-rata kelas eksperimen mencapai 83, 68 dan rata-rata kelas kontrol mencapai 70,54. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) terdapat pengaruh motivasi belajar pada model pembelajaran tipe CRH terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas XI SMA N 1 Mranggen tahun ajaran 2014/2015, (2) rata-rata pemahaman konsep (hasil belajar) menggunakan model pembelajaran CRH lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran talking stick pada siswa kelas XI SMA N 1 Mranggen tahun ajaran 2014/2015, (3) rata-rata hasil belajar siswa mencapai kategori baik pada siswa kelas XI SMA N 1 Mranggen tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 03:52 |
Last Modified: | 24 Aug 2015 03:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/763 |
Actions (login required)
View Item |