KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN SELF ASSESSMENT PADA MATERI LINGKARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs SUNAN KALIJOGO PATI

Rohana, Ana (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN SELF ASSESSMENT PADA MATERI LINGKARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MTs SUNAN KALIJOGO PATI. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1asbtrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI_1daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Rohana, Ana. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Self Assessment Pada Materi Lingkaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Sunan Kalijogo Pati. Skripsi. Pendidikan Matematika. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I. Imam Kusmaryono, S.Pd., M.Pd., II. Mohamad Aminudin, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: kooperatif, Group Investigation, Self Assessment, lingkaran Pembelajaran matematika di MTs Sunan Kaljogo menunjukkan bahwa minat belajar siswa rendah sehingga prestasi siswa belum mencapai ketuntasan. Salah satu model pembelajaran yang membantu dalam meningkatkan minat siswa yaitu model pembelajaran Group Investigation. Strategi untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menilai dan mengkritisi proses dan prestasi belajar yaitu strategi Self Assessment. Oleh karena itu penulis menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Self Assessment untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Self Assessment pada materi lingkaran terhadap prestasi belajar siswa MTs Sunan Kalijogo Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh minat terhadap prestasi belajar siswa, (2) adanya perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Self Assessment dan yang menggunakan STAD, (3) rata-rata prestasi belajar siswa lebih baik minimal 75 (untuk skala 0-100). Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Pati dengan sampel yaitu kelas VIII A dan VIII B yang diambil secara cluster random sampling. Data hasil tes dianalisis dengan pendekatan kuantitatif yang diperoleh melalui dokumentasi, angket, dan tes kemampuan kognitif. Untuk mengetahui pengaruh minat terhadap prestasi belajar digunakan uji analisis regresi linier sederhana, untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa digunakan OneWay Anova, untuk uji ketuntasan prestasi belajar menggunakan uji One Sample T Test. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Self Assessment dalam proses pembelajaran materi lingkaran berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar yang diperoleh siswa. Berdasarkan uji regresi diperoleh konstribusi minat terhadap prestasi belajar sebesar 75,5% dengan persamaan regresi = 43,808 + 0,603 . Hasil deskripsi prestasi belajar diperoleh rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 81,78 dan kelas kontrol 75,65. Hal ini berarti prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan Self Assessment lebih baik dari pada prestasi belajar menggunakan STAD. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen sebanyak 59,3% siswa tuntas belajar sesuai dengan batas minimal yang ditetapkan (75).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item