NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN DONGENG BINATANG DI SEKITAR KITA KARYA DIANA DAN PEMBELAJARANNYA PADA SISWA SMP KELAS VII

Amiruddin, Khairul Amry (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KUMPULAN DONGENG BINATANG DI SEKITAR KITA KARYA DIANA DAN PEMBELAJARANNYA PADA SISWA SMP KELAS VII. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_1abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_1cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi_1daftar isi.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Amiruddin, Khairul Amry. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Kumpulan Dongeng Binatang Di Sekitar Kita Karya Diana dan Pembelajarannya pada Siswa SMP Kelas VII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I Evi Chamalah, S.Pd., M.Pd. pembimbing II Turahmat, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: nilai, karakter, pendidikan, dongeng, dan pembelajaran. Salah satu wujud karya sastra adalah dongeng. Dongeng biasanya memiliki amanat untuk mengajarkan nilai-nilai pendidikan dan budi pekerti yang bertujuan untuk membentuk karakter penikmatnya. Salah satu dongeng yang bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter adalah cerita dongeng karya Diana yang dijadikan antologi Dongeng Binatang Di Sekitar Kita. Selain itu, dongeng adalah bagian dari pembelajaran yang dilaksanakan disekolah. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter pada Dongeng Binatang di Sekitar Kita Karya Diana dan rancangan pembelajaran materi cara menemukan hal menarik dari teks Dongeng Binatang di Sekitar Kita Karya Diana pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini bertujuan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter pada Dongeng Binatang di Sekitar Kita Karya Diana dan merumuskan rancangan pembelajaran materi cara menemukan hal menarik dari teks Dongeng Binatang di Sekitar Kita Karya Diana pada siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan memetik. Data pada penelitian ini yaitu deskripsi dan narasi dongeng yang menunjukkan nilai-nilai pendidikan dalam kumpulan Dongeng Binatang di Sekitas Kita karya Diana dan sumber data pada penelitian ini yaitu kumpulan Dongeng Binatang di Sekitar Kita karya Diana. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan. Pertama, nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kumpulan Dongeng Binatang Di Sekitar Kita karya Diana yaitu: sadar hak dan kewajiban diri dan orang lain, menghargai keberagaman, peduli sosial dan lingkungan, percaya diri, jujur, bertanggung jawab, demokratis, kerja keras, menghargai karya dan prestasi orang lain, santun, ingin tahu, mandiri, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, disiplin, dan nasionalis. Kedua, Rancangan pembelajaran dengan materi nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita dongeng pada kumpulan Dongeng Bintang Di Sekitar Kita disusun dengan standar kompetensi mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan dan kompetensi dasarnya yaitu menemukan hal-hal mena¬rik dari do¬ngeng yang diperdengarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:52
Last Modified: 24 Aug 2015 03:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item