PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA SEMARANG

Novitasari, Novitasari (2017) PENYELESAIAN KLAIM ASURANSI KESEHATAN PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum UNISSULA.

[img]
Preview
Text
FILE 01 - COVER.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 02 - ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 03 - DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 04 - BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
FILE 05 - BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
FILE 06 - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
FILE 07 - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
FILE 08 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diselenggarakan secara Nasional berdasarkan prinsip Asuransi Sosial dan Prinsip Ekuitas, serta bersifat layanan perseorangan berupa pelayanan kesehatan yang menyangkut pelayanan promotif, preventif,kuratif, dan rehabilitatif. Sehingga untuk mendukung pelaksanan program tersebut pemerintah membentuk suatu badan penyelenggara sistem jaminan sosial nasional yang kemudian disahkan pada tanggal 29 Oktober 2011 dan dirumuskan ke dalam Undang–Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dalam pelaksanaanya banyak sekali masalah yang terjadi dimasyarakat khususnya anggotanya dalam hal ini diantaranya adalah cara pengajuan klaim terhadap masalah yang ingin disampaikan terhadap pelayanan BPJS untuk itu maka dapat dirumuskan masalah diantaranya adalah Bagaimana pelaksanaan BPJS Kesehatan bagi masyarakat di kota Semarang. Faktor-faktor apa saja yang menjadikan banyaknya klaim bagi BPJS Kesehatan di kota Semarang. Bagaimana penyelesaian klaim asuransi kesehatan sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan di kota Semarang. Dalam hal ini dilakukan penelitian terhadap kantor BPJS Semarang tentang prosedur pengajuan klaim di kota Semarang, penelitian ini menggunakan perpaduan antara penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (lbrary research) pemecahan masalah dalam hal ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dan yuridis sosiologis merupakan pendekatan yang mengacu pada Undang-undangNomor 40 Tahun 2014 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Nasional (SJKN) dan data-data yang ada dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengajuan klaim terhadap pelayanan BPJS sudah di tentukan oleh Undang-undang yang berlaku maka dalam hal ini hanya perlu diadakannya sosialisasi terhadap prosedur pengajuan klaim, agar masyarakat mengerti dan mengetahui tentang tatacara pengajuan klaim terhadap masalah yang dialamiya. KATA KUNCI : Jaminan Sosial, Asuransi, Pengajuan Klaim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:27
Last Modified: 24 Nov 2017 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/7546

Actions (login required)

View Item View Item