Permanasari, Aci Triam (2016) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBANTU MEDIA VISUAL DI KELAS IV SDN KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar disekolah belum memberi kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya dalam berpikir sehingga menjadikan hasil belajar siswa rendah. Kreativitas juga sering di asumsikan sebagai suatu yang dimiliki dan kendala lainya terhadap kreativitas terletak pada alat-alat ukur (tes) yang biasanya dipakai disekolah-sekolah, yaitu tes intelegensi tradisional, sementara kemampuan berpikir divergen (kreativitas) yang memungkinkan suatu masalah jarang diukur. Kreativitas siswa SDN Karangroto 01 pada pemberian soal hanya sebatas materi yang diajarkan yang telah didahului dengan contoh oleh guru, dan pemanfaatan sarana prasarana seperti LCD untuk dijadikan sebuah media pembelajaran belum dimanfaatkan dengan maksimal. Penerapan model Problem Based Instruction berbantu media visual untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA pada materi energi dan perubahannya. Hal ini dapat dilihat dari 1) kreativitas siswa siklus I mencapai 67,54%, siklus II mencapai 81,08%. 2) hasil belajar siswa siklus I mencapai 57,69%, siklus II mencapai 84,62%. Jadi model pembelajaran Problem Based Instruction berbantu media visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya. Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Krestivitas, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:29 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6530 |
Actions (login required)
View Item |