PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL TAKE AND GIVE DI KELAS V SD N KALISARI 1 DEMAK

Bukhori, Rahmat (2016) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL TAKE AND GIVE DI KELAS V SD N KALISARI 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar mata pelajaran IPS melalui model Take and Give (menerima dan memberi) di kelas V SD N Kalisari 1 Sayung, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 16-17 Maret 2016, dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 22-23 Maret 2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N Kalisari 1 Sayung Kabupaten Demak yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Adanya peningkatan kemandirian belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek kemandirian belajar siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh presentase 60,28% dengan kriteria kemandirian baik. Pada siklus II diperoeh presentase 82,68% dengan kriteria kemandirian sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan belajar 47,22%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan belajar 86,11%. Data tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II rata-rata siswa sudah memenuhi nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Take and Give (menerima dan memberi) dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar di kelas V SD N Kalisari 1. Kata Kunci : Kemandirian, Prestasi Belajar, Model Take and Give (menerima dan memberi)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:29
Last Modified: 03 Jan 2017 01:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6527

Actions (login required)

View Item View Item