Labibah, Ulfah (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS IV SDN 1 SIDOREJO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI_1.pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu: rendahnya tanggung jawabpeserta didik dan prestasi belajar peserta didik yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kesulitan dalam meningkatkan prestasi belajar IPS, guru masih menggunakan metode teacher centered (berpusat pada guru) dalam poses pembelajaran sehingga proses pembelajaran membosankan dan peserta didik kurang aktif,peserta didik tidak percaya diri dengan hasil pekerjaannya sehingga menyontek hasil pekerjaan temannya. Dengan demikian melalui penelitiann ini diharapkan memperoleh cara tepat untuk perbaikan mutu pelajaran IPS di SD Negeri 1 Sidorejo dalam meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media audi visual di kelas IV SDN 1 sidorejo. Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Sidorejo kelas IV yang berjumlah 29 peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar dalam setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari siklus I diperoleh nilai rata-rata 78% dengan kriteria tanggung jawab baik. Pada siklus II diperoleh rata-rata 87% dengan kategori sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik ditunjukkan dengan peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik. Pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 69% pada kriteria baik. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 90% pada kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa model Make a Match dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar di SDN 1 Sidorejo Brangsong Kendal. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model Make a Match
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:27 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6501 |
Actions (login required)
View Item |