PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI KARANGREJO 01

YUMIASPI, ANISUN (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI KARANGREJO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dalam pembelajaran Matematika di kelas tentunya akan membawa kondisi kelas yang tidak lagi nyaman bagi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini terjadi pada keberhasilan siswa kelas V SD Negeri Karangrejo 01 dengan prestasi mata pelajaran matematika menunjukkan masih belum maksimal yaitu nilai rata-rata kelas 63. Dengan model pembelajaran STAD diharapkan meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab khususnya materi bangun ruang. Penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran STAD merupakan pembelajaran kelompokyang belajar mengenai suatu konsep dalam suasana yang menyenangkan. Model pembelajaran STAD membawa beberapa manfaat, salah satunya adalah menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, serta menjadikan siswa memiliki sikap tanggung jawab dalam menyelesaikan sebuah masalah. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata Matematika yaitu 77,5 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 85,5 dengan tuntas belajar klasikal 87,87%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Tanggung jawab siswa pada siklus I yaitu 72,47% sedangkan pada siklus II yaitu 85,57%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dan tanggung jawab siswa. Kata Kunci: Tanggung jawab, Prestasi Belajar, STAD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:25
Last Modified: 03 Jan 2017 01:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6492

Actions (login required)

View Item View Item