PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIDEO DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01

Sukmaningrum, Febry (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIDEO DI KELAS V SD NEGERI KARANGROTO 01. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran problem solving dengan bantuan video di kelas V A SD Negeri Karangroto 01. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V A SD Negeri Karangroto 01 yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab pada siklus I ke siklus II, siklus I pertemuan 1 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 12 siswa sehingga baru diperoleh persentase klasikalnya 42,86% kriteria tanggung jawab tidak baik. Sikus I pertemuan 2 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 18 siswa sehingga diperoleh persentase klasikalnya 64,29% kriteria tanggung jawab tidak baik. Pada siklus II pertemuan 1 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 22 siswa sehingga diperoleh persentase klasikalnya 78,57% kriteria tanggung jawab tidak baik. Meningkat ke siklus II pertemuan 2 siswa yang mencapai kriteria sangat tanggung jawab berjumlah 24 siswa diperoleh persentase klasikalnya 85,71% kriteria tanggung jawab sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya yaitu pada siklus I adalah 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Dari deskripsi di atas dapat disimpulkan penelitian ini yaitu model pembelajaran problem solving dengan berbantuan video dapat meningkatkan tanggung jawab dan pestasi belajar dalam pembelajaran IPS. Saran penelitian sebaiknya guru menerapkan model inovatif atau menggunakan model pembelajaran problem solving dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving, Berbantuan Video

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:25
Last Modified: 03 Jan 2017 01:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6481

Actions (login required)

View Item View Item