Rahmahwati, Ida (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN TAMBAKROTO. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan efektivitas pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Tambakroto, dengan memberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan bantuan video dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Data penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pre test-post test, nonequivalent control group design. Eksperimen dilakukan dengan kelompok sampel yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan perlakuan dengan model pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) berbantuan video (kelas IVA sebanyak 30 siswa). Sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (kelas IVB sebanyak 30 siswa). Penelitian ini dilakukan dua kali pertemuan di kelas eksperimen dan dua kali pertemuan di kelas kontrol pada tanggal 21 Maret dan 24 Maret 2016. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan rata-rata IPA, pada kelas eksperimen memperoleh 87,33, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 77,67. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut dilakukan uji gain ternormalisasi yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,70, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,45. Perolehan tersebut terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu juga terbukti dengan hasil analisis independent sample t test yaitu diperoleh >. Hasil ini menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada taraf signifikansi 95% atau Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian ini, dapat dibuktikan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan video lebih efektif bila dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional pada siswa kelas IV SDN Tambakroto. Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together (NHT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 01:23 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 01:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6471 |
Actions (login required)
View Item |