PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDISLAM DARUL HUDA

Indaryani, Indaryani (2016) PENINGKATAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARANSNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDISLAM DARUL HUDA. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (816kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui model pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IVB SD Islam Darul Huda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVB SD Islam Darul Huda yang berjumlah 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian diperoleh dari instrumen penelitian yaitu hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes pemahaman konsep, hasil angket minat belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa persentase angket minat belajar siswa 78% dengan kriteria berminat, kemudian meningkat menjadi 87% dengan kriteria sangat berminat di akhir siklus II. Persentase pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan yakni dari siklus I diperoleh rata-rata kelas 65,00 dengan ketuntasan belajar 68,18% kriteria baik dan di siklus II persentase pemahaman konsep siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 77,73 dan ketuntasan belajar 81,82% kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat di kelas IV SD Islam Darul Huda. Kata kunci : Model pembelajaran Snowball Throwing, minat belajar siswa, pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:23
Last Modified: 03 Jan 2017 01:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item