PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKROTO SAYUNG DEMAK

Handayani, Roly (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKROTO SAYUNG DEMAK. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI_1.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Tambakroto. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (keduanya melakukan pre test dan posstest). Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA (29 siswa) dan VB (26 siswa), dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji t hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikansi 5% ( = 0,05).Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah 79,14 sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 66,54 yang dianalisis menggunakan uji t dengan perolehan t_hitung=3,026 dan t_tabel= 2,007yang berarti bahwat_hitung>t_tabel (3,026 > 2,007). Hal ini membuktikan Ha diterimayang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. perbedaan ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran guided inquiryterhadap hasil belajar siswa. Adapun persentase rata-rata hasil belajar afektif secara keseluruhan pada kelas eksperimen diperoleh 65,34% (cukup) dan persentase rata-rata hasil belajar psikomotor diperoleh 77,15% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada kelas V SD Negeri Tambakroto Sayung Demak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Inquiry, Hasil Belajar IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 08:38
Last Modified: 30 Dec 2016 08:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6468

Actions (login required)

View Item View Item