PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “TIPE MAKE A MACTH” DI KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 02

Lina, Noer Aimmatul (2016) PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR PKn MATERI PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF “TIPE MAKE A MACTH” DI KELAS IV SD NEGERI BANGETAYU WETAN 02. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_1.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dikarenakan prestasi belajar mata pelajaran PKn masih rendah dibuktikan dengan hasil nilai yang diperoleh di bawah KKM. Selain itu Tanggung Jawab siswa yang masih rendah, terbukti dari siswa yang dapat mengerjakan soal sesuai dengan yang diajarkan gurunya saja. Penelitian yang dilaksankan termasuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian di SD N Bangetayu Wetan 02 kecamatan Genuk Kota Semarang pada kelas IV dengan menggunakan model make a macth bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab pada mata pelajaran PKn materi pemerintahan tingkat pusat. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I pertemuan 1 tanggung jawab mendapat presetase 54,45% dengan kriteria cukup baik dan siklus I pertemuan 2 mendapat presntase 58,65% dengan kriteria cukup baik. pada siklus II pertemuan 1 mandapat presentase 93,9% dengan kriteria sangat baik dan siklus II pertemuan 2 mendapat presentase 96,50%. Siklus I presentase ketuntasan klasikalnya 48,00 % Siklus II presentase ketuntasan klasikalnya 90,00 %. Dapat disimpulkan bahwa model make a macth dapat meningkatkan prestasi belajar dan tanggung jawab di kelas IV SD N Bangetayu Wetan 02. Dengan model make a macth diharapkan SD N Bangetayu Wetan 02 dapat menerapkan model ini saat pembelajaran dan carilahmateri yang sesui untuk dapat model make a macth, Kata Kunci: Prestasi Belajar, Tanggung Jawab, Model Make a Macth

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 07:05
Last Modified: 30 Dec 2016 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item