Priyanto, Mochammad Fajar Aji (2016) PENINGKATAN PRESTASI DAN DISIPLIN BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS IV SD NEGERI TAMBAK REJO 03. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (88kB) | Preview |
Abstract
PKn merupakan suatu pembelajaran yang mengingatkan kita akan pentingnya nilai-nilai hak dan kewajiban suatu warga negara agar setiap hal yang dikerjakan sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa. Oleh karena itu model pebelajaran kooperatif tipe Numbere Head Together merupakan pemilihan yang tepat untuk menunjang prestasi dan disiplin belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah siswa kelas 1V SD Negeri Tambak Rejo 3 yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terdapat peningkatan disiplin dan prestasi belajar siswa. Disiplin belajar pada siklus I dengan menggunakan observasi siswa siklus I dengan presentase 57,49% dengan rata-rata klasikal 46,25 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,62% dengan rata-rata klasikal 71,86. Disiplin belajar siswa juga diperoleh dengan menggunakan angket siklus I memperoleh rata-rata 44,2 dengan presentase 88,4 % dan pada siklus II memperoleh rata-rata 46,65 dengan presentase 89,5 %. Prestasi belajar pada siklus I mempunyai rata-rata 59,73 dengan presentase ketuntasan50%. Pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 80,45 dengan presentase ketuntasan 85%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa dikelas IV SD Negeri Tambak Rejo 03.Saran bagi peneliti adalah agar setiap guru selalu mengetahui berbagai macam model dan metode pembelajaran agar siswa lebih aktih dalam pembelajaran seperti model pembelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together dapat meningkatkan disiplin dan prestasi belajar siswa dikelas IV SD Negeri Tambak Rejo 03 Kata Kunci : Disiplin, Prestasi Belajar, Model Kooperatif Tipe NHT
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 07:05 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 07:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6444 |
Actions (login required)
View Item |