Permatasari, Herlina Intan (2016) UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS V SDN 01 LEYANGAN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
1. Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. Intisari.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (182kB) | Preview |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) |
||
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Tanggung jawab dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Leyangan tergolong rendah. Diperlukan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA materi sifat cahaya. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah peningkatan tanggung jawab dan prestasi belajar IPA di kelas V SD Negeri 01 Leyangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklusnya 2 pertemuan. Terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Leyangan yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Adanya peningkatan Tanggung Jawab siswa ditunjukan dengan peningkatan Tanggung Jawab siswa dalam setiap siklusnya. Hasil observasi tanggung jawab belajar siswa pada siklus I dengan persentase 61% dengan kriteria baik. Hasil tanggung jawab terus meningkat dengan hasil tanggung jawab siklus II dengan persentase 82% dengan kriteria sangat baik. Hasil nilai prestasi belajar siswa siklus I ketuntasan masih mencapai 50% dengan nilai rata-rata 69,375 dan pada siklus II ketuntasan nilai prestasi 88,175 dengan persentase 90%. Kata Kunci : Tanggung jawab, Prestasi belajar, Model Pembelajaran Eksperiman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 06:46 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 06:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6427 |
Actions (login required)
View Item |