KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA MATERI SEGIEMPAT

UMAROH, SITI (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA MATERI SEGIEMPAT. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
COVER_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
PUBLIKASI.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematika, Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa yang dikenai pembelajaran group investigation materi segiempat mencapai kriteria ketuntasan (75). Serta mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang menggunakan pembelajaran group investigation dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Serta untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematika dengan menerapkan pembelajaran group investigation materi segiempat di kelas VII MTs Miftahul Huda Sidomulyo, tahun akademik 2015/2016. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftahul Huda Sidomulyo. Sampel penelitian ini adalah semua kelas diambil dan diperoleh siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) sedangkan kelas VII B sebagai kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran group investigation). Penelitian dilakukan lima kali pertemuan untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket untuk gaya belajar dan metode tes untuk kemampuan komunikasi matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t satu sampel, uji t dua sampel independen, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa menggunakan pembelajaran group investigation adalah 78,6, maka pembelajaran matematika dengan menggunaan pembelajaran group investigation sangat baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada materi segiempat. Hasil analisis uji independen sample t-test yaitu diperoleh thitung = 7,386 dan ttabel = 2,022, dapat dsimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika dengan pembelajaran group investigation lebih baik jika dibandingkan kemampuan komunikasi matematika dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pegaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematika dalam pembelajaran group investigation pada materi segiempat sebesar 77,4% dengan model regresi Y ̂ = 11,000 + 0,859X yang bersifat linear. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pembelajaran group investigation lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa berdasarkan gaya belajar pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:30
Last Modified: 30 Dec 2016 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6354

Actions (login required)

View Item View Item