Putri, Aldila Bintari (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NEGOSIASI DENGAN MODEL BERPIKIR, BERBICARA, MENULIS DAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS X SEMESTER 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_1.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
COVER_1.pdf Download (916kB) | Preview |
|
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kata kunci: keterampilan menulis, teks negosiasi, model berpikir, berbicara, menulis dan media kartu bergambar. Keterampilan menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa mempunyai peranan yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Dengan cara menulis, seseorang dapat mengungkapkan pikiran dan gagasan untuk dapat mencapai maksud dan tujuannya. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Semarang masih rendah. Hal tersebut diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran keterampilan memproduksi teks negosiasi masih menemui kendala atau permasalahan. Kendala yang dialami siswa dalam keterampilan menulis teks negosiasi, antara lain 1) siswa kurang mampu menggunakan diksi secara tepat sehingga belum terampil dalam mengolah kosakata, 2) siswa kesulitan menemukan tema dan judul, 3) siswa sulit mengembangkan kalimat dan mengungkapkan ide-ide atau gagasan, 4) siswa belum mampu menggunakan ejaan yang disempurnakan (EYD) secara benar. Dengan kendala-kendala tersebut menjadikan siswa lebih banyak mencotoh di internat ketika mendapat tugas untuk menulis teks negosiasi dan bukan dari pemikiran mereka sendiri. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran berpikir, berbicara, menulis dan media kartu bergambar dalam pembelajaran menulis teks negosiasi. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan model Berpikir, Berbicara, Menulis dengan media kartu pembelajaran bergambar pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Semarang, bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi siswa setelah menggunakan model pembelajran Berpikir Berbicara Menulis dengan media kartu bergambar pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Semarang, dan bagaimana perubahan tingkah laku dalam menulis teks negosiasi setelah menggunakan model pembelajaran Berpikir, Berbicara, Menulis dan media kartu bergambar pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Penelitian ini memiliki tiga variabel yaitu keterampilan menulis teks negosiasi sebagai variabel terikat, melalui model berpikir, berbicara, menulis dan media kartu bergambar sebagai variabel bebas. Objek penelitian adalah kesulitan siswa menulis teks negosiasi pada siswa kelas X IPS 3 MAN 2 Semarang. Pengumpulan data pada tahap prasiklus menggunakan teknik tes, sedangkan pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman jurnal, dan pedoman dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini pada keterampilan menulis teks negosiasi menggunakan model berpikir, berbicara, menulis dan media kartu bergambar pada siswa kelas X IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 2 Semarang mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan model pembelajran berpikir, berbicara, menulis dan media kartu bergambar. Peningkatan keterampilan menulis teks negosiasi tersebut diketahui dari tes prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 69 dan termasuk dalam kategori kurang. Nilai rata-rata pada siklus I mencapai 78 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, ada peningkatan sebesar 8,75 dari prasiklus. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 85,18 dan termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 8,75 dan 7,41 dari hasil prasiklus. Pembelajaran menulis teks negosiasi dengan model pembelajaran berpikir, berbicara, menulis dan media kartu bergambar telah mampu mengubah sikap dan perilaku siswa dari perilaku negatif berubah menjadi positif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi dan dapat mengubah perilaku siswa kelas X IPS 3 MAN 2 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, agar menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran dan melatih kebiasaan siswa untuk gemar menulis. Bagi siswa disarankan untuk selalu berlatih menulis dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Bagi para peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda dan untuk menambah khasanah ilmu bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 30 Dec 2016 03:24 |
Last Modified: | 30 Dec 2016 03:24 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/6306 |
Actions (login required)
View Item |