ANALISA STABILITAS LERENG JALAN TOL SEMARANG – BAWEN STA 12+985

Aji, Anjar Sukmono and Permatasari, Dian Indah (2016) ANALISA STABILITAS LERENG JALAN TOL SEMARANG – BAWEN STA 12+985. Undergraduate thesis, Fakultas Teknik UNISSULA.

[img]
Preview
Text
1.COVER fix.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK fix.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR ISI fix.pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Jalan Tol Semarang-Solo dibagi menjadi 2 tahap yang terdiri dari ruas Semarang-Bawen dan ruas Bawen-Solo. Diantara Semarang-Bawen terdapat kawasan industri yang potensial di daerah Ungaran. Saat ini jaringan jalan yang melewati daerah tersebut sering terjadi kemacetan. Dengan dibangunnya Jalan Tol Semarang-Bawen ini maka aksesbilitas antar kawasan dapat lebih singkat dari jarak tempuh maupun waktu perjalanan sehingga mampu meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi. Dalam pembangunan jalan tol, lokasi yang dibangun terkadang memiliki kontur yang tidak sesuai dengan rancangan pembangunan, sehingga perlu adanya penggalian dan penimbunan. Proses ini akan menghasilkan geometri tebing baru yang perlu dianalisis dan dipertimbangkan kestabilan tebingnya agar mencapai nilai keamanan yang diharapkan. Tujuan pembuatan tugas akhir ini adalah untuk menganalisis stabilitas lereng Jalan Tol Semarang-Bawen pada sta 12+985 sesuai dengan standart angka keamanan yang telah ditetapkan. Pengumpulan data dalam studi kasus ini dilakukan dengan cara metode pengumpulan data sekunder dan interview dengan pihak-pihak yang berkaitan dalam pembangunan Jalan Tol Semarang-Bawen serta sumber-sumber yang terkait dengan tugas akhir stabilitas lereng. Studi kasus ini menganalisis dengan dua cara yaitu menggunakan metode manual dan program plaxis. Metode manual menggunakan Metode Bishop yang Disederhanakan sedangkan program plaxis menggunakan metode kriteria Mohr-Coulomb sebagai model tanah. Hasil analisis menunjukkan bahwa untuk perencanaan jangka panjang memerlukan perkuatan lereng agar mencapai nilai keamanan yang ditetapkan. Kata kunci : stabilitas lereng, jalan tol, perhitungan manual, program plaxis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 03 Nov 2016 03:16
Last Modified: 03 Nov 2016 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5729

Actions (login required)

View Item View Item