Hartini, Endwi (2016) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MI AL-MA’ARIF MANDIRAJA WETAN MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
COVER_1.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_1.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI_1.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text
BAB I_1.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text
BAB II_1.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB III_1.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text
BAB IV_1.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) |
||
Text
BAB V_1.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
|
Text
VI_1.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Endwi Hartini: Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Al-Qur’an-Hadits di MI Al-Ma’arif Mandiraja Wetan Mandiraja Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadits, bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi dan bagaimana hasil yang diperoleh dari penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadits di MI Al-Ma’arif Mandiraja Wetan Mandiraja Banjarnegara tahun pelajaran 2015-2016. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jawaban terhadap masalah-masalah yang dirumuskan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian mengenai data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata yang disusun dalam bentuk kalimat dan gambar, penelitian dilaksanakan di MI Al-Ma’arif Mandiraja Wetan Mandiraja Banjarnegara, sumber data dalam penelitian antara lain Kepala Madrasah, Guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi, sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadits di MI Al-Ma’arif Mandiraja Wetan Mandiraja Banjarnegara yang dilakukan oleh guru termasuk baik dan efektif digunakan. Hal itu dapat diketahui dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, siswa aktif ketika mengikuti pembelajaran, nilai siswa yang bagus bahkan ada yang meningkat, dalam proses pembelajaran para siswa merasa senang, dan penjelasan guru ditangkap dengan baik oleh para siswa. (2) hasil belajar siswa di MI Al-Ma’arif Mandiraja Wetan melalui metode demonstrasi tergolong baik, karena para siswa menyukai dan senang dengan metode ini, tingkat perkembangan mental yang lebih baik bila dibandingkan pada saat sebelum belajar. Tingkat perkembangan mental tersebut terwujud pada jenis-jenis ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Al-Qur’an-Hadits.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Oct 2016 02:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2016 02:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5652 |
Actions (login required)
View Item |