PENINGKATAN SIKAP MANDIRI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SD ISLAM NURUL QUR’AN

Setiawan, Gilang Candra (2016) PENINGKATAN SIKAP MANDIRI DAN PRESTASI BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DI KELAS IV SD ISLAM NURUL QUR’AN. Undergraduate thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
abstrak_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
bab III_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab I_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
cover_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
bab IV_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab V_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
bab II_1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka_1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi_1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan sikap mandiri dan prestasi belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament di kelas IV SD Islam Nurul Qur’an, Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Nurul Qur’an yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru, observasi sikap mandiri dan tes evaluasi siswa. Analisis data ini berupa tes dan non tes dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum diadakan penelitian, prestasi belajar siswa pada materi sikap terhadap globalisasi pada mata pelajaran PKn kurang dan sikap mandiri siswa masih rendah. Hal itu diduga guru secara aktif menjelaskan materi, memberi contoh, dan latihan sedangkan siswa hanya mendengar, mencatat, dan mengerjakan latihan. Pembelajaran seperti itu kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membentuk, dan mengembangkan pengetahuannya sendiri. Dengan demikian, pembelajaran tersebut kurang mampu menumbuhkan sikap mandiri dalam diri siswa. Setelah melaksanakan penelitian, terlihat adanya peningkatan sikap mandiri siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek-aspek sikap mandiri siswa dalam setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase 64,05% dengan kriteria sikap mandiri cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu, dengan presentase 86,06% dengan kriteria sikap mandiri sangat baik. Kemudian adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan 63,63%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan 93,75%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dapat meningkatkan sikap mandiri dan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Islam Nurul Qur’an. Kata Kunci : Sikap Mandiri, Prestasi Belajar, dan Kooperatif Tipe TGT

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:53
Last Modified: 11 Oct 2016 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item View Item